LINTAS DAPUWA

Headlines News :
Home » » DISKUSI/ TUKAR PIKIRAN SAMA LAIN.

DISKUSI/ TUKAR PIKIRAN SAMA LAIN.

Written By Unknown on Jumat, 11 Desember 2015 | 05.54.00

Nogey Black Tebai


DISKUSI/ TUKAR PIKIRAN SAMA LAIN.
Hal-hal yang di bawah ini Kemarin tanggal 10/12/2015, ada Bapa Dosen UNPAD 1

panggil saya dia punya Rumah  saya ngobrol sama bapak Dosen Bahwa tentang Penangguran Khususnya papua Semakin bertambahnya angka pengangguran di papua MEUWO
DIDE adalah bukti nyata bahwa ada ketidak seimbangan antara jumlah lulusan  tiap tahunnya dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Hal ini berdampak secara langsung terhadap kondisi perekonomian masyarakat khususnya papua meuwo dide, kondisi kesehatan, pendidikan dan sosial pada umumnya.Melihat fenomena ini mau tidak mau kita sebagai pemuda/I atau intelektual harus lebih giat dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Mengingat setiap tahunnya ada ribuan lulusan baru baik dari SMA maupun universitas, menyebabkan angka persaingan dalam mencari pekerjaan juga semakin ketat. Oleh karena itu, kata bapa anak ketika anda melamar pekerjaan jangan pernah mengatakan hal-hal berikut kepada diri sendiri:
1. Pekerjaan ini tidak cocok dengan gelar saya
Jika kita adalah lulusan baru hal paling penting yang  kita  butuhkan saat ini adalah pengalaman. Bila kita sudah diterima bekerja jangan pernah mengeluh dan mengatakan dalam diri kita bahwa pekerjaan yang kita miliki saat ini tidak cocok dengan gelar kita. Hal ini perlu kita renungkan bahwa masih ada ribuan orang di luar sana sedang mengantri untuk bisa memiliki pekerjaan yang saat ini sudah kita miliki. Jangan jadikan gelar kita sebagai batu sandungan yang akan  menyebabkan kita kembali jatuh sebagai seorang pengangguran. Nikmati pekerjaan kita dan tunjukkan etos kerja yang baik serta prestasi kita  kepada pimpinan. Siapa tahu dengan cara ini dapat mengantarkan kita  kepada promosi untuk menduduki jabatan atau posisi yang lebih baik.
2. Gajinya terlalu kecil
Sering kali para pelamar kerja mengundurkan diri dari proses seleksi penerimaan karyawan karena mengetahui jumlah gaji yang ditawarkan oleh perusahaan ata pemerintah sangat jauh dari harapan. Hal ini mungkin perlu dipertimbangkan sekali lagi. Memang gaji adalah hal yang paling diharapkan oleh setiap orang karena dengan memiliki gaji yang baik maka kebutuhan sehari-hari pasti bisa terpenuhi. Akan tetapi bila situasi yang Anda saya miliki saat ini sangat mendesak, apalagi bila Anda saya sudah berkeluarga, maka mau tidak mau sebaiknya kita  mempertimbangkan kembali untuk menerima gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Ketahuilah di dalam dunia kerja selalu ada punishment and reward, yaitu sebuah hukum baik tertulis maupun tidak yang berkaitan dengan kinerja seorang karyawan/pegawai di tempat kerja. Bila Anda saya  bekerja dengan giat, tekun, selalu tepat waktu, dan jujur, maka tidak menutup kemungkinan perusahaantau pemerintah akan memberikan reward atau hadiah kepada kita, sebaliknya bila Anda saya  bekerja secara asal-asalan, maka tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan punishment atau hukuman.
3. Jam kerjanya terlalu lama  
Ketika saya Anda  memutuskan untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan swasta, maka kita  sudah harus siap dengan risiko dan tuntutan di perusahaan tersebut, salah satunya adalah mengenai jam kerja yang biasanya lebih lama daripada karyawan pegawai negeri. Oleh karena itu, bila Anda saya ingin bisa cepat memperoleh pekerjaan, maka jangan jadikan masalah jam kerja sebagai penghambat kita . Biasanya perusahaan setau saya yang baik sudah memiliki hitungan tersendiri untuk setiap kelebihan jam para karyawannya dan akan dimasukkan sebagai kerja lembur.
4. Jangan menyombongkan diri
Meskipun kita  telah memiliki pengalaman kerja yang cukup lama atau Anda  saya berasal dari keluarga yang mampu, ketika melamar pekerjaan sebaiknya kita  tidak "menyombongkan" diri dengan pengalaman atau kondisi keluarga kita  tersebut. Tetaplah bersikap secara rendah hati dan biarkanlah pimpinan atau HRD/kepala bagian  dari perusahaanmaupun pemerintah tersebut yang menilai diri kita .
5. Saya tidak mampu di posisi ini
Bila seluruh persyaratan yang diberikan oleh perusahaan mampu kita penuhi, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menolak posisi yang ditawarkan. Bangunlah rasa percaya diri Anda saya  dan jadilah pribadi yang berani menghadapi tantangan. Jangan menjadi pribadi yang mudah menyerah sebelum berperang. Bila kita  mampu mengatasi rasa takut kita, maka kita  pasti akan bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik.
6. Meminta posisi yang tidak sesuai dengan yang perusahaan butuhkan
Kawan-kawan Jangan menjadi plin-plan, tetapkan posisi yang ingin kita lamar dan bila sudah diterima berusahalah bekerja dengan sepenuh hati dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan di mana kita  saat ini bekerja.
7. Sibuk membagikan hal-hal yang negatif
Dalam suatu sesi wawancara pekerjaan, terkadang HRD yang mewawancarai akan memberikan waktu kepada kita  untuk sejenak menceritakan tentang diri Anda. Ini adalah saat yang tepat untuk menjelaskan secara singkat siapa diri Anda saya , pola pikir kita, dan kepribadian kita bukan malah menceritakan tentang hal-hal yang negatif, seperti menjelaskan alasan kenapa kita  keluar dari perusahaan sebelumnya, berapa gaji yang kita  terima, bagaimana hubungan dengan atasan kita  dulu, dan sebagainya.
8. Jangan over-confidence
Sah-sah saja bila kita  merasa penuh percaya diri dalam menghadapi sebuah sesi wawancara pekerjaan, akan tetapi tetap jangan terlalu berlebihan. Sapalah dengan ramah pihak perusahaan yang bertugas mewawancarai kita  dengan mengucapkan salam, permisi, selamat pagi, dan bukan "Hallo, apa kabar?".
9. Jaraknya terlalu jauh
Guna mendapatkan pekerjaan yang diharapkan sesungguhnya jarak bukanlah halangan. Jadilah siap menghadapi tantangan dan bersikap kreatif serta milikilah keberanian supaya jarak yang jauh tidak menjadi momok menakutkan bagi Anda. Untuk mengatasi hal ini kita  bisa memutuskan untuk kost atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau mungkin membeli sepeda motor sebagai alat transportasi utama Anda.
Beberapa poin diatas ini adalah salah satu Dosen UNPAD Bandung Jawa barat dia menyatakan bahwa ini Harus perlu memahami anak kalau anak selesai kuliah harus di patuhi yang 9 (SEMBILA) Poin ini.
Semoga bisa pengertian dan bermanfaat dalam kehidupan anda dan saya. 
penulus ini adalah Mahasiswa papua Kuliah Kota Bandung Jawa Barat,
Penulis Oleh : (Jhon Dumupa/BD)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : tabloidjubi | papualive | suarawiyaimana
Copyright © 2011. BINTANGDAPUWAMO - All Rights Reserved
Template Created by papuabaratprov Published by merdeka
Proudly powered by Blogger